Rabu, 16 November 2016

Pada pria penyebab utama rambut rontok adalah Androgenetic



Pada pria penyebab utama rambut rontok adalah Androgenetic Alopecia atau kebotakan pola pria, yang dapat mempengaruhi perempuan maupun laki-laki. Ini genetik cenderung pada beberapa individu tetapi sebenarnya dipicu oleh penumpukan DHT hormon manfaat minyak kemiri laki-laki menyebabkan marah fungsi folikel rambut. Hal ini sangat umum di antara pria, yang mempengaruhi hingga 50% pada usia 60. Penelitian telah menunjukkan bahwa sampai dengan 13% dari wanita juga menderita kondisi ini sebelum menopause dan proporsi yang lebih besar setelah itu. Distribusi rambut rontok pada wanita agak berbeda dari yang pada pria. Alih-alih surut garis rambut dan mahkota kerugian yang dialami pria, wanita cenderung mengalami penipisan umum rambut, terutama dari atas dan sisi kepala.

Jenis lain umum kehilangan rambut pada wanita (dan juga laki-laki), adalah suatu kondisi yang disebut telogen effluvium, di mana ada penumpahan difus rambut dari kulit kepala dan bagian lain dari tubuh. Ini biasanya sebuah reaksi terhadap stres yang intens pada sistem fisik atau hormonal tubuh. Hal ini dapat stres emosional setelah peristiwa traumatis, atau jangka waktu yang lebih kecemasan berat atau stres mental, atau reaksi terhadap obat kuat atau perlakuan iradiasi. Kondisi ini dapat terjadi pada semua usia dan biasanya secara bertahap akan lebih baik dalam waktu dengan sendirinya, terutama jika sumber kecemasan atau iritasi kimia dihapus.

Telogen effluvium adalah fenomena yang terkait dengan siklus pertumbuhan rambut. Rambut siklus pertumbuhan bergantian antara fase pertumbuhan (anagen disebut) berlangsung sekitar tiga tahun, dan fase istirahat (telogen), berlangsung sekitar tiga bulan. Selama telogen, rambut tetap dalam folikel sampai didorong oleh pertumbuhan rambut baru dalam tahap anagen. Pada satu waktu sekitar 15% dari rambut berada di telogen. Sebuah stres tiba-tiba dapat menyebabkan sejumlah besar rambut berhenti tumbuh dan memasuki fase telogen. Kemudian, beberapa bulan kemudian sejumlah besar rambut-rambut ini akan ditumpahkan, meninggalkan rambut tampak menipis. Seperti rambut baru tumbuh, sehingga kepadatan rambut dapat menebal lagi. Banyak orang dewasa akan menderita episode telogen effluvium di beberapa titik dalam hidup mereka, mencerminkan episode stres atau sakit.

penyebab penting lain dari rambut rontok pada wanita adalah suatu kondisi yang disebut alopecia areata. Ini adalah penyakit auto-imun yang mempengaruhi hingga 2% dari populasi, dan di mana folikel rambut diserang oleh sel darah putih. Folikel kemudian menjadi sangat kecil dan produksi rambut melambat secara dramatis, jadi mungkin ada sedikit atau tidak ada pertumbuhan rambut terlihat selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Folikel tetap hidup dan kadang-kadang daerah akan beralih sendiri lagi, menyebabkan pertumbuhan rambut merata.

Pengobatan untuk rambut menipis

Jika menipis tidak terlalu parah mungkin patut produk berusaha dikembangkan untuk menebalkan rambut, seperti minoxidil. Ini diterapkan secara langsung ke kulit kepala sekali atau dua kali sehari dan biarkan selama selama mungkin. Tidak diketahui persis bagaimana kerjanya dan tidak bekerja untuk semua orang. Bahkan dalam skenario kasus terbaik dibutuhkan beberapa bulan untuk melihat hasil tetapi relatif mudah sebagai pengobatan.

Jika rambut rontok cukup parah mungkin perlu untuk mempekerjakan wig atau rambut ekstensi. Ekstensi dapat dibuat dari rambut manusia atau buatan, dan, ketika sesuai berwarna, bisa berbaur sangat alami. Mereka yang melekat menarik perhatian pada pangkal rambut sendiri, dan, memberikan perawatan diambil dengan menyisir, dapat bertahan beberapa bulan sebelum perlu perhatian dari stylist.

pengobatan bedah dapat mengambil bentuk pengurangan kulit kepala atau transplantasi rambut. Mantan prosedur melibatkan peregangan bidang kulit kepala yang masih memiliki rambut, dan kemudian menghapus bagian-bagian yang botak. Dengan transplantasi cangkok kecil dari kulit yang mengandung beberapa folikel yang diambil dari daerah seperti bagian belakang kepala dan pindah ke daerah yang kurang penduduknya dari kulit kepala. Ini agak lebih sulit untuk dicapai di daerah kulit kepala dengan rambut hanya tipis dibandingkan dengan daerah benar-benar botak.

Pilihan seorang wanita mungkin membuat berkenaan dengan pengobatan untuk rambut rontok mungkin akan tergantung pada faktor-faktor seperti usia dan seberapa parah kondisinya. Banyak yang bisa dicapai dengan cara kosmetik dan wig, atau prosedur yang cukup rumit seperti ekstensi rambut. Tidak ada obat mujarab untuk kondisi seperti kehilangan pola wanita, tetapi, banyak kasus lain rambut rontok cenderung bersifat sementara pula. Operasi atau transplantasi dapat menawarkan harapan kepada mereka yang terkena dampak serius.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar